Jumat, 17 April 2009

LKS KELAS VIII SMT 1 0607

TIDAK DIPERJUALBELIKAN
HANYA UNTUK KALANGAN SENDIRI




NAMA : _______________________________
KELAS : _______________________________
NO. ABSEN : _______________________________
SUHU
STANDAR KOMPETENSI
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR
12.3 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.

INDIKATOR :
Mengemukakan alasan mengapa indra peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu.

PERCOBAAN : Menyelidiki apakah tepat jika tangan digunakan sebagai sensor suhu

Alat dan Bahan :
- Baskom 3 buah
- air es, air sumur, dan air hangat
Langkah percobaan :
1. Isilah 3 baskom dengan masing-masing :
A = air es, B = air sumur, C = air hangat !
2. Masukkan tangan kiri pada baskom C dan tangan kanan pada baskom A! Apa yang kamu rasakan pada kedua tanganmu?a. tangan kiri ….b. tangan kanan ….
3. Pindahkan tangan kiri dan tangan kanan ke dalam baskom B! Apa yang kamu rasakan pada kedua tanganmu?a. tangan kiri ….b. tangan kanan …
Kesimpulan
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat.

Pengantar Materi
Suhu adalah ukuran tingkat derajat panas suatu benda. Untuk menukur suhu suatu benda secara tepat digunakan alat yang disebut termometer. Dalam system satuan internasional (SI) satuan suhu adalah Kelvin (K). Dalam kehidupan sehari – hari satuan suhu yang sering kita gunakan adalah Celcius (C). Untuk mengetahui cara mengukur suhu dengan termometer , Lakukan kegiatan berikut ini !

PERCOBAAN : Cara mengukur suhu dengan termometer

Alat dan Bahan :
- Gelas
- Air sumur, es batu dan air panas
- Termometer
Langkah Kerja :
1. Susunlah alat seperti pada gambar !





Air sumur
Termometer

Es batu
Air panas

2. Masukan air sumur dalam sebuah gelas. Ukurlah dengan termometer dan catat suhunya !
3. Tambahkan tumbukan es ke dalam gelas, tunggu sampai mencair, catat suhunya !
4. Masukan air panas ke dalam gelas. Ukurlah dengan termometer dan catat suhunya !
5. Campurkan air panas dan air dingin dalam sebuah gelas, Ukurlah dengan termometer dan catat suhunya!
Catatlah hasil pengukuran kedalam tabel !
No
Yang diukur
Hasil pengukuran
Keterangan
1
Air sumur
……… C
Biasa
2
Air sumur + es
……… C
Dingin
3
Air panas
……… C
Panas
4
Air panas + air sumur + es
……… C
Hangat
Kesimpulan
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DISKUSIKAN!
Mengapa zat cair digunakan sebagai pengisi termometer?
Sebutkan jenis-jenis termometer!
Mengapa zat cair yang digunakan sebagai pengisi termometer adalah alcohol an raksa, tetapi bukan air?
“Pesawat membawa termistor, yaitu sejenis resistor atau hambatan listrik , di bawah permukaan sayapnya untuk mengukur suhu udara.” Dari pernyataan tersebut, diskusikanlah sifat termometrik apa yang digunakan untuk membuat alat pengukur suhu udara pada pesawat tersebut?
Mengapa termometer suhu ruangan dibuat dengan skala –50oC sampai dengan 50oC?

INDIKATOR:
3. Membuat termometer sederhana berskala berdasarkan sifat perubahan volume suatu zat cair ketika suhunya naik.

PERCOBAAN : Membuat termometer sederhana

Alat dan Bahan :
- Termometer tak berskala
- Es yang sudah ditumbuk
- Air mendidih
- Spidol
- Gelas
Langkah kerja :
1. Masukanlah termometer ke dalam gelas yang berisi es batu yang ditumbuk, biarkan beberapa saat sampai air raksa tidak turun lagi.
2. Berilah tanda dengan spidol, sebagai titik tetap bawah pada es mencair.
3. Pindahkan termometer ke dalam gelas yang berisi air mendidih, biarkan beberapa saat sampai air raksa tidak naik lagi.
4. Berilah tanda dengan spidol, sebagai titik tetap atas pada air yang mendidih.
5. Berilah skala antara titik tetap bawah sampai titik tetap atas.
Hasil pengamatan
Dengan menentukan titik tetap bawah dan titik tetap atas serta membuat skala antara titik tetap bawah dan titik tetap atas, kita sudah dapat membuat termometer dengan skala kita sendiri.
Kesimpulan :
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
4. Membandingkan skala termometer Celcius dengan skala termometer lain.

SOAL :
I. Isikan kata – kata dan angka pada kotak dibawah ini pada titik – titik yang ada pada pertanyaan dibawah ini.
1. 2120 4. Derajat 7. -2730 10. 200C
2. 273 5. Kelvin 8. 00 11.373
3. Skala Celcius 6. 0 K 9. 200F 12. Skala suhu Kelvin
1. Disebut juga sebagai termometer skala Centigred …………………………………………..,
2. Batas atas skala termometer Fahrenheit ………….. F batas bawah skala termometer Kelvin
…………… K, batas bawah skala termometer Celcius …………… C
3. Satuan Suhu adalah ………….. sedangkan satuan SI untuk besaran suhu adalah …………..
4. Ditemukan oleh William Thompson …………………………………………………………
5. Disebut juga suhu nol mutlak , …………………… setara dengan ………………………….
6.Besaran yang menyatakan beda suhu pada skala Fahrnheit …………………………………..

II. Jawab pertanyaan berikut dengan benar dan tepat.
1. Titik tetap bawah pada skala thermometer Celcius adalah es yang sedang…………….. dan titik tetap atasnya adalah……………….. pada tekanan…………………
2. Bila diketahui to C maka pada thermometer Kelvin………………..
3. Bila diketahui to C maka pada thermometer Fahrenheit ((5/9 x toF) + …….)oF
4. Berapakah suhu air yang sedang mendidih dan suhu es yang sedang mencair pada tekanan 1atm menurut skala thermometer:a. Fahrenheit? b. Celcius? c. Kelvin?
5. Konversikan !a. 10oC = ………K b. 24oF = ……..oC c. 24oF = ……..oCd. 24oC = ……...oF e. 240K = …….oC

UJI KOMPETENSI : SUHU
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
1. Suhu adalah…a. kalor yang diperlukan suatu benda c. derajat panas suatu bendab. kalor yang dilepas suatu benda d. derajat pemuaian suatu benda
2. Alat untuk mengukur derajat panas suatu benda adalah…a. kalorimeter b. termometer c. hidrometer d. manometer
3. Dasar kerja sebuah termometer berbahan cair adalah…a. perubahan wujud b. perubahan warna c. perubahan massa d. perubahan volume
4. Satuan suhu dalam SI adalah…a. Kelvin b. Celcius c. Fahrenheit d. Reamur
5. Perhatikan pernyataan berikut !1. pemuaiannya teratur 3. tidak membasahi dinding2. mudah diamati karena mengkilap 4. harganya murahYang merupakan keuntungan dari penggunaan raksa sebagai zat muai pada termometer adalah…a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 1, 2, dan 3 d. semua benar
6. Kelebihan alcohol digunakan sebagi zat muai pada termometer adalah…a. tidak membasahi dinding c. pemuaiannya teraturb. daerah ukurnya besar d. dapat mengukur suhu yang rendah
7. Skala Celcius dan Fahrenheit menunjukkan angka yang sama pada suhu…a. -40o b. 0o c. 100o d. 32o
8. Suhu suatu zat jika diukur dengan termometer Fahrenheit adalah 167o. Bila diukur dengan termometer Celcius, suhu zat tersebut adalah…a. 135o b. 75o c. 67o d. 25o
9. Termometer Fahrenheit menunjukkan angka yang sama dengan dua kali angka yang ditunjukkan termometer Celcius pada suhu…a. 160oC b. 80oC c. 40oC d. 20oC
10. Yang disebut sebagai suhu nol mutlak menurut SI adalah…a. -273oC b. -32oC c. 0oC d. 32oC
11. Pembuatan termometer berdasarkan sifat…a. kalor jenis zat cair b. tekanan zat cair c. pemuaian zat cair d. massa jenis zat cair
12. Termometer Celcius dan Reamur memiliki suhu yang sama pada…a. 0 b. 10 c. 80 d. 100
13. Thermometer klinis memiliki suhu antara…a. 0oC-40oC b. 10oC-45oC c. 25oC-45oC d. 34oC-42oC
14. Suhu tubuh orang yang sehat adalah 37oC. Suhu tersebut sama dengan…a. 2,25oF b. 24oR c. 66,6oF d. 98,6oF
15. Pada tekanan 1 atmosfer air mendidih pada suhu…a. 8K b. 100oR c. 212oF d. 273oC

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Apa yang dimaksud suhu ?_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Mengapa kulit tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu?_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Jika oC + oF = 120o, berapa oC dan oF?_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Sebutkan jenis-jenis termometer menurut kegunaannya !_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Apakah kelebihan skala Kelvin dibandingkan dengan skala termometer yang lain? _________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________









PEMUAIAN

STANDAR KOMPETENSI
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR
12.4 Menjelaskan prinsip pemuaian dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR :
Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair, dan gas
Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat

Pengantar Materi
A. Pemuaian pada zat padat
Zat padat dapat mengalami 3 jenis pemuaian, yaitu muai panjang, muai luas, dan muai volume. Pada umumnya zat akan memuai bila dipanaskan. Bagaimana cara menyelidiki pemuaian pada zat padat? Mengapa pemasangan rel kereta api dan jendela kaca dibuat renggang? Adakah hubungannya dengan pemuaian? Marilah kita lakukan percobaan berikut ini!

PERCOBAAN: Pemuaian pada zat padat

Alat dan bahan:
-seperangkat alat musschenbroek
-pemanas spiritus
-tiga batang logam (besi, tembaga, aluminium)







Alat Musschenbroek
Langkah kerja:
1. Pada alat Musschenbroek dipasang 3 jenis logam yang tersedia seperti pada gambar di atas.
2. Putar sekerup pengatur pada alat Musschenbroek sehingga ketiga jarum penunjuk mempunyai kedudukan yang sama.
3. Nyalakan pemanas spiritus diatur sedemikian hingga dapat memanasi ketiga logam dengan merata.
4. Tunggu beberapa saat, amati jarum-jarum penunjuk yang ditekan oleh batang logam yang dipanaskan.

Data pengamatan
Logam
Posisi jarum penunjuk sebelum dipanasi
Posisi jarum penunjuk setelah dipanasi
keterangan
Baja



Tembaga



Aluminium




Analisis data
Berdasarkan data dan pengamatanmu dari demonstrasi di atas
1. Setelah logam dipanaskan, apakah ketiga jarum bergerak ?_________________
2. Adakah yang tidak bergerak ? ____________________
3. Secara berurutan jarum yang ditekan logam yang dipanaskan paling jauh adalah__________ kemudian______________dan paling dekat simpangannya adalah__________________
4. Apakah arti jarum menyimpang paling jauh? _______________
5. Apakah arti jarum menyimpang paling dekat ? ______________
6. Adakah hubungan antara gerakan jarum penunjuk dengan macam logam yang menekannya? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Kesimpulan
1. Benda bila dipanaskan akan ______________________________
2. Pemuaian zat padat akan berbeda apabila __________________________ juga berbeda.

B. Pemuaian Pada Zat Cair
Pada zat cair hanya dikenal pemuaian volume, zat cair akan memuai jika suhu zat cair ditingkatkan. Pemuaian satu jenis zat cair dengan zat cair dengan jenis yang lain berbeda-beda. Alat untuk memperlihatkan pemuaian zat cair adalah dilamometer.
Pada saat kita membhas termometer kita telah membuktikan bahwa zat cair akan memuai bila jika dipanaskan. Apa dasar kerja sebuah termometer? Zat cair akan mengalami muai volume apabila dipanaskan.


PERCOBAAN : Pemuaian pada zat cair

Alat dan bahan:
1. Ember, spidol, penggaris
2. Air sejuk, hangat, dan panas
3. Elemeyer, sumbat karet yang telah dimasuki pipa kapiler
Langkah percobaan:
1. Isi elemeyer dengan air sampai penuh
2. Pasang sumbat karet yang telah terpasang pipa kapiler, usahakan air permukaannya di atas sumbat karet sehingga permukaan air dapat terlihat, masukkan ke dalam air sejuk, tandai dengan spidol.
3. Masukkan elemeyer ke dalam air hangat dan biarkan selama 3 menit, bagaimana permukaan air pada pipa kapiler sekarang? Tandai dengan spidol.
4. Ulangi langkah 3 dengan menggunakan air panas !

Data dan Pengamatan
No.
Keadaan tabung elemeyer pada ember
Tinggi permukaan pada pipa kapiler (cm)
1
Berisi air sejuk

2
Berisi air hangat

3
Berisi air panas


Analisis data pengamatan
1. Dari data dan pengamatanmu pada percobaan di atas, bagaimana letak permukaan air di dalam pipa kapiler, sama tinggikah ? ____________________
2. Dari ketiga posisi permukaan air pada pipa kapiler di atas, mana yang paling tinggi permukaannya? Mengapa ? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Kesimpulan
1. Air akan memuai bila _________________dan akan menyusut bila ___________________
2. Semakin besar pemuaian air jika suhu pemanasan makin ____________ dan pemuaian air kecil jika suhu pemanasan ___________________

C. Pemuaian pada zat gas
Pada gas yang terjadi juga pemuaian volume, yaitu ketika suhu gas dinaikkan. Koefisien muai volume gas adalah pertambahan volume gas pada ruang tertutup tiap satuan volume, jika suhunya naik 1K.
Menurut Gay Lussac (dari Perancis) koefisien muai gas adalah sama yaitu 1/273 tiap derajat Kelvin.
Mengapa balon yang kena panas matahari bias meletus ? apakah gas juga mengalami pemuaian jika dipanaskan? Untuk menyelidiki hal tersebut, marilah kita lakukan percobaan sebagai berikut!

PERCOBAAN : Pemuaian pada zat gas

Alat dan bahan:
-lampu spiritus
-labu didih dilatometer
-gelas kimia
-air

Langkah percobaan:
1. Susunlah alat-alat seperti pada gambar.











2. Masukkan ujung pipa dilatometer yang berisi gas ke dalam air, apakah air dapat masuk ke dalam pipa?
3. Panaskan kepala dilatometer dengan api lilin.
4. Matikan lilin dan biarkan beberapa saat.

Hasil pengamatan
1. Ketika dilatometer yang berisi udara dipanaskan apa yang terjadi? Mengapa demikian? __________________________________________________________________________
2. Setelah lilin dimatikan apa yang terjadi pada udara dalam dilatometer? Mengapa demikian? __________________________________________________________________________

Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DEMONSTRASI : Menunjukkan bahwa gas memuai

Alat dan Bahan:
Sebuah ember atau baskom, air panas, air biasa, sebuah botol, dan sebuah balon mainan
Langkah kerja:
1. Masukkan mulut balon mainan yang belum ditiup ke dalam mulut botol.
2. Isi baskom atau ember dengan air panas , celupkan bagian bawah botol ke dalam ember berisi air panas tersebut. Apa yang terjadi?
3. Siram bagian bawah botol dengan air biasa. Apa yang terjadi?
4. Dari hasil pengamatanmu pada langkah 2 dan 3, nyatakan kesimpulanmu.

Kesimpulan
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________



INDIKATOR :
Melakukan penyelidikan terhadap perbedaan muai volum berbagai jenis zat cair

PERCOBAAN : Pemuaian pada berbagai zat cair

Alat dan Bahan :
-bejana berisi air mendidih / panas
-dua buah labu didih
-air
-alkohol
Langkah percobaan:
Susunlah alat seperti pada gambar !


Isilah kedua labu didih masing-masing dengan air dan alcohol dengan ketinggian yangsama
Masukkan kedua labu didih tersebut ke dalam bejana yang berisi air panas
Biarkan beberapa saat, amati apa yang terjadi!
Hasil pengamatan
Apakah volume air dan alcohol bertambah? Mengapa demikian? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Zat cair manakah yang lebih besar pemuaiannya? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kesimpulan
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR :
Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya: bimetal untuk termostat, pengelingan, pemasangan bingkai besi pada roda, pemasangan kaca

Pengantar Materi
Pernahkah kalian mengamati setrika otomatis? Mengapa apabila panas aliran akan terputus dan apabila dingin aliran akan tersambung secara otomatis? Untuk membuat saklar otomatis yang dapat memutus dan menyambung arus dengan sendidinya digunakan bahan yang disebut bimetal. Bimetal adalah dua jenis logam yang berbeda koefisien muai panjangnya dan dikeling menjadi satu. Bimetal jika dipanaskan akan melengkung ke arah logam uang koefisien muai panjangnya rendah atau lebih kecil.

TUGAS : Sebutkan kegunaan bimetal dalam kehidupan sehari-hari, jelaskan!
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

UJI KOMPETENSI : PEMUAIAN

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
Perhatikan tabel berikut!
Jenis Zat
Koefisien muai panjang
Benda 1
Benda 2
Benda 3
Benda 4
0,000019/oC
0,000017/oC
0,000011/oC
0,000009/oC
Jika benda-benda tersebut dipanaskan pada suhu yang sama secara bersamaan, maka pertambahan panjang benda tersebut adalah…a. benda 1 akan lebih panjang dari benda 4 c. benda 4 akan lebih panjang dari benda 3b. benda 2 akan lebih panjang dari benda 1 d. benda 3 akan lebih panjang dari benda 2
Jika sebatang logam dipanaskan maka logam tersebut bertambah panjang. Pertambahan panjang logam bergantung pada factor berikut, kecuali…a. panjang awal batang logam c. jenis logamb. kenaikan suhu d. massa logam
Percobaan dengan alat Musschenbroek menunjukkan…a. pemuaian berbagai logam berbeda c. pemuaian berbagai zat cair samab. pemuaian berbagai logam sama d. pemuaian berbagai gas sama
Zat yang memuai paling besar apabila dipanaskan adalah…a. zat padat b. zat cair c. gas d. gas dan zat cair
Tujuan bingkai kaca pada jendela dibuat lebih lebar daripada kacanya adalah…a. menjaga kaca agar tidak pecah ketika memuai b. untuk memperkokoh kaca jendelac. agar dapat meredam getaran kacad. agar kaca bebas bergerak waktu bergetar
Pemuaian zat cair lebih besar dari zat padat. Hal ini dapat diperlihatkan pada peristiwa…a. panci yang berisi air penuh, ternyata sebagian airnya tumpah ketika sedang mendidihb. gelas yang penuh berisi air, dinding luar gelas akan basahc. gelas yang berisi es dan air penuh, bila es mencair seluruhnya, tidak ada air yang tumpahd. penguapan air laut disebabkan oleh pemanasan matahari
Tutup botol gabus pada sebuah botol kosong sulit dibuka. Agar mudah dibuka, botol dimasukkan ke dalam air panas supaya…a. tutup botol memuai dalam air panas c. adanya perubahan suhu pada tutup botolnyab. tutup botol menyusut dalam air panas d. udara dalam botol cepat memuai
Jika bimetal didinginkan maka akan…a. melengkung ke logam yang angka muainya kecilb. melengkung ke logam yang angka muainya besarc. akan kembali lurus seperti semulad. melengkung tidak beraturan
Zat yang memuai bila didinginkan dari 4oC sampai 0oC adalah…a. tembaga b. besi c. air d. lilin
Alat yang memakai keeping bimetal, kecuali…a. termostat b. sakelar otomatis c. termometer raksa d. termometer logam
Kaca pyrex tidak mudah pecah jika dipanaskan. Hal ini disebabkan…a. angka muainya kecil c. tekanannya kecilb. angka muainya besar d. tekanannya besar
Gelas tiba-tiba pecah ketika diisi oleh air panas karena…a. seluruh bagian gelas memuai c. bagian dalam gelas memuai, luarnya belumb. pemuaian gelas yang tiba-tiba d. bagian luar gelas memuai, dalamnya belum
Air murni pada suhu 4oC mempunyai…a. volume terbesar b. volume tetap c. massa jenis terbesar d. massa jenis terkecil
Jika koefisien muai panjang (a) dan koefisien muai ruang (g), hubungan antara a dan g adalah…a. g = 1/3 a b. a = 1/3 g c. a = 2 g d. a= 3 g
Gelas kaca pada suhu 30oC volumenya 100 cm3. bila koefisien muai panjang 0,000009/oC, maka volume gelas pada suhu 80oC adalah…a. 100,0135 cm3 b. 100,135 cm3 c. 100,00135 cm3 d. 101,35 cm3
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

Mengapa sebaiknya mengisi bensin waktu pagi hari? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Perhatikan cerita di bawah ini kemudian coba pecahkan masalahnya. “ Pak Budi memompa ban sepeda motornya sampai maksimal penuh pada waktu malam hari yang dingin. Keesokan harinya ketika sepeda motornya sedang diparkir di tempat yang panas, tiba-tiba ban sepeda motornya meletus.” Jelaskan mengapa hal itu terjadi? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Sebutkan 4 pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari! ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa yang terjadi ketika dua keping logam yang berbeda koefisien muainya disatukan, kemudian: a. dipanaskan, dan b. didinginkan? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kubus tembaga mempunyai rusuk 2 cm dipanaskan dari 20oC menjadi 70oC. Berapa pertambahan volume kubus tembaga, bila koefisien muai panjang tembaga 0,000017/oC? ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________































KALOR
STANDAR KOMPETENSI
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR
12.5 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR :
1. Menyelidiki pengaruh kalor terhadap:-perubahan suhu benda-perubahan wujud zat

PERCOBAAN : Kalor dapat mengubah suhu dan wujud zat

Alat dan Bahan:
-lampu spiritus
-kaki tiga
-termometer
-gelas kimia
-es batu
-pengukur waktu (jam, stop watch)







Langkah Percobaan:
1. Susunlah alat-alat seperti pada gambar
2. Isi gelas kimia dengan es batu kira-kira ½ bagian
3. Nyalakan lampu spiritus dan catat suhunya tiap satu menit.

Hasil Pengamatan
No.
Waktu
Wujud zat
Suhu (oC)
1
2
3
4
5
6
Awal
(1) menit
(2) menit
(3) menit
(4) menit
(5) menit
-------------
-------------
-------------
-------------
-------------
-------------
------------
------------
------------
------------
------------
------------
a. Bagaimana suhu es batu waktu dipanaskan?
b. Apakah yang dapat kamu amati?
Kesimpulan
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________








INDIKATOR:
2. Menyelidiki:-faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan-banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat-Kalor yang dibutuhkan saat mendidih dan melebur

PERCOBAAN: Pemanasan mempercepat penguapan

Alat dan Bahan:
-Gelas kimia 300 cc
-lampu spiritus
-kaki tiga

Langkah Percobaan
1. Susunlah alat-alat seperti pada gambar
2. Isi gelas kimia dengan air kira-kira ¼ bagian
3. Nyalakan lampu spiritus dan panaskan air sampai habis, sambil amati apa yang terjadi
4. Apakah air mengalami perubahan wujud?
5. Perubahan wujud apakah yang dialami air ketika dipanaskan?




Hasil Pengamatan:
Air yang dipanaskan akan terjadi ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Kesimpulan
1. Perubaha wujud dari cair menjadi gas disebut ………………………..
2. Menguap dapat dipercepat dengan …………………………………….
3. Menguap memerlukan …………………………………………………

PERCOBAAN : Memperluas permukaan mempercepat penguapan

Alat dan Bahan:
-botol
-piring
-air panas
-termometer
-Gelas ukur

Langkah Percobaan:
1. Tuangkan air panas yang volumenya sama ke dalam botol dan piring dengan menggunakan gelas ukur
2. Ukur masing-masing suhunya dengan termometer
3. Setelah lebih kurang 5 menit, ukur lagi volume dan suhu air dalam botol dan piring!

Hasil Pengamatan
Tempat
Volume mula-mula
Suhu mula-mula
Volume akhir
Suhu akhir
Botol




Piring




Ditinjau dari luas permukaan antara botol dan piring, manakah suhunya yang lebih rendah dan volumenya lebih kecil? Mengapa demikian?

Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

PERCOBAAN : Mengurangi tekanan dapat mempercepat penguapan

Alat dan Bahan:
-botol 2 buah
-spiritus
Langkah Percobaan:
1. Isilah kedua botol dengan spiritus kira-kira 1/5 bagiannya
2. Salah satu botol ditutup rapat dan yang satunya terbuka
3. Setelah beberapa saat amati volume spiritus di dalam kedua botol tersebut.

Hasil Pengamatan
Kegiatan / pengamatan
Volume mula-mula
Volume akhir
Botol tertutup


Botol terbuka


Botol yang mana yang volume spiritusnya tinggal sedikit? Mengapa demikian?
Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

PERCOBAAN : Mengaliri udara dapat mempercepat penguapan

Alat dan Bahan:
-Piring 2 buah
-Air panas
-Termometer

Langkah Percobaan:
1. Isilah kedua piring dengan air panas dengan volume yang sama
2. Ukur masing-masing suhunya!
3. Salah satu piring airnya dialiri udara/ ditiupi/ dikipasi
4. Setelah lebih kurang 5 menit, ukur lagi volume dan suhu air dalam piring!

Hasil Pengamatan
Kegiatan/ pengamatan
Volume mula-mula
Suhu mula-mula
Volume akhir
Suhu akhir
Piring yang airnya ditiup




Piring yang airnya tidak ditiup




Manakah air yang volume dan suhunya lebih kecil? Mengapa demikian?

Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

TAGIHAN
1. Sebutkan 4 faktor yang dapat mempercepat penguapan! ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Sebutkan 4 manfaat penguapan dalam kehidupan sehari-hari! ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
PERCOBAAN : Pengaruh kalor terhadap kenaikan suhu

Alat dan Bahan:
-lampu spiritus
-kaki tiga
-termometer
-gelas kimia
-air
-kasa
-pengukur waktu (jam, stop watch)






Langkah Percobaan:
1. Susunlah alat-alat seperti gambar!
2. Isi gelas kimia dengan air kira-kira 2/3 bagian
3. Nyalakan lampu spiritus dan catat suhunya tiap satu menit pada table pengamatan
Hasil Pengamatan
Waktu
Suhu (oC)
Awal
1 menit
2 menit
3 menit
4 menit
5 menit

a. Bagaimana suhu air waktu dipanaskan?
b. Apakah kalor yang diterima bertambah banyak?
Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

PERCOBAAN : Mendidih memerlukan kalor

Alat dan Bahan:
- Lampu spiritus
- Kaki tiga
- Termometer
- Gelas kimia
- Air
- Statif
- Kasa

Langkah Percobaan
1. Susunlah alat-alat seperti pada gambar!
2. Isi gelas kimia dengan air kira-kira ½ bagian
3. Nyalakan lampu spiritus dan panaskan sampai air mendidih
4. Catat suhu air saat mendidih
5. Biarkan beberapa saat pada tekanan tetap, ukur lagi suhu air yang masih mendidih itu! Catat hasilnya!

Hasil Pengamatan
Waktu
Suhu (oC)
Saat mendidih
Setelah beberapa saat mendidih

Bandingkan suhu air saat mendidih dan setelah dibiarkan beberapa saat mendidih! Sama atau berbeda? Mengapa demikian?
Kesimpulan
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

PERCOBAAN : Melebur memerlukan kalor

Alat dan Bahan
-Lampu spiritus
-Termometer
-Tabung reaksi
-Lilin atau kapur barus
-Statif
-Penjepit tabung reaksi





Langkah Percobaan:
1. Susunlah alat-alat seperti pada gambar
2. Masukkan kapur barus atau lilin ke dalam tabung reaksi, masukkan juga termometer
3. Nyalakan lampu spiritus dan dan panaskan sampai kapur barus atau lilin mencair semua
4. Catat suhu kapur barus atau lilin saat mencair
5. Biarkan beberapa saat pada tekanan tetap, sambil tetap diukur suhunya. Catat hasilnya!

Hasil Pengamatan
Waktu
Perubahan wujud
Suhu (oC)
Mula-mula
Setelah 1 menit
Setelah 2 menit
Setelah 3 menit
Setelah 4 menit
Setelah 5 menit
Masih padat

Bandingkan suhu kapur barus atau lilin saat melebur dan setelah dalam wujud cair! Sama atau berbeda? Mengapa demikian?

Kesimpulan
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
3. Menerapkan hubungan Q = m.c.Dt; Q = m.U; Q = m.L untuk memecahkan masalah sederhana

SOAL:
1. Berapa kalor yang diperlukan untuk mengubah 500 gram air yang suhunya 30o C menjadi 50o C, jika kalor jenis air 4200 J/Kg oC.__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Berapa kalor yang diperlukan untuk mengubah 5 Kg es yang suhunya 0oC untuk diubah seluruhnya menjadi air yang suhunya 0oC, apabila kalor lebur es 336.000 J/Kg. __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Berapa banyak kalor yang diperlukan untuk mengubah 2 Kg es yang suhunya –10oC menjadi air yang suhunya 40oC? kalor jenis es 0,5 Kkal/KgoC, kalor jenis air 1 Kkal/KgoC, kalor lebur es 80 Kkal/Kg dan titik lebur es 0oC. __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR :
4. Merancang dan membuat peralatan sederhana yang memanfaatkan prinsip kalor

TUGAS PROYEK:
Rancanglah alat sederhana yang memanfaatkan prinsip kalor.
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
5. Menerapkan azas Black untuk menyelesaikan masalah sehubungan dengan kalor

PERCOBAAN: Kalor yang dilepas sama dengan kalor yang diterima

Alat dan Bahan:
-gelas 3 buah
-air panas dan air dingin
-termometer

Langkah Percobaan:
1. Isilah dua gelas masing-masing dengan air panas dan air dingin dengan volume yang sama
2. ukurlah suhu air pada masing-masing gelas
3. Campurlah kedua air tersebut ke dalam gelas yang lain. Ukurlah suhunya (suhu campuran)!

Hasil Pengamatan
1. Suhu air panas =
2. Suhu air dingin =
3. Suhu campuran =
Apakah suhu campuran terletak antara suhu yang tinggi dan suhu yang rendah? Mengapa demikian?

Kesimpulan
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

SOAL:
Berapa suhu campuran jika 2 Kg air yang suhunya 20oC dicampur dengan 4 Kg air yang suhunya 50oC? kalor jenis air 4200 J/KgoC. ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


UJI KOMPETENSI : KALOR

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
1. Pernyataan yang benar tentang kalor di bawah ini adalah…a. kalor tidak dapat berpindah c. kalor merupakan bentuk energib. kalor merupakan zat d. kalor tidak dapat berubah bentuk
2. Aliran perpindahan kalor secara alami antara dua benda bergantung pada…a. suhu masing-masing benda c. tekanan masing-masing bendab. kandungan energi masing-masing benda d. wujud benda (padat, cair, atau gas)
3. Satuan kalor di dalam Sistem Internasional (SI) adalah…a. kalori b. kilokalori c. joule d. Kwh
4. Energi yang diperlukan untuk menaikkan suhu suatu zat bergantung pada factor-faktor di bawah ini, kecuali …a. massa zat b. jenis zat c. tekanan udara luar d. kenaikan suhu
5. 21.000 joule kalor diberikan ke dalam 5 Kg air dengan kalor jenis 4200 J/KgoC. Kalor ini menaikkan suhu air sebesar…a. 1oC b. 5oC c. 10oC d. 25oC
6. Untuk menaikkan suhu air laut 1oC diperlukan kalor 3900 joule. Jika kalor jenis air laut 3,9x103 J/KgoC, maka massa air laut adalah…a. 100 Kg b. 10 Kg c. 1 Kg d. 0,1 Kg
7. Pada saat benda mengalami perubahan wujud, suhu benda …a. naik b. turun c. tetap d. mungkin naik/ turun
8. Salah satu cara mempercepat terjadinya penguapan adalah…a. memperkecil bidang penguapan c. menaikkan suhub. memperkecil kristal larutan d. menambah tekanan di atas permukaan
9. Peristiwa perubahan wujud bwrikut ini yang melepaskan kalor adalah…a. es menjadi air b. air menjadi uap c. air menjadi es d. cair menjadi gas
10. Mendidih artinya…a. pembentukan uap c. penguapan pada seluruh bagian zat cairb. penguapan pada permukaan zat cair d. perubahan dari wujud cair ke wujud gas
11. Di Tuban, air mendidih pada suhu 100oC. Di Malang yang merupakan daerah pegunungan, air mendidih pada suhu…a. 100OC b. di atas 100OC c. di bawah 100OC d. diatas/dibawah 100OC
12. Dari pernyataan berikut ini yang benar adalah…a. titik didih air murni lebih tinggi daripada titik didih air garam pada tekanan yang samab. titik didih air murni sama dengan titik didih air garam pada tekanan yang samac. pada tekanan 1 atmosfer titik didih air murni lebih rendah daripada air garamd. pada tekanan 1 atmosfer titik didih air murni lebih tinggi daripada air garam
13. Pernyataan yang berkaitan dengan perubahan titik didih air yang benar adalah…a. memasak air di pegunungan cepat mendidih karena tekanan udaranya kurang dari 1 atmb. memasak air di pegunungan lambat mendidih karena tekanan udaranya kurang dari 1 atmc. memasak air di pantai dengan di pegunungan akan mendidih bersamaand. memasak air di pantai akan lebih cepat mendidih karena tekanan udaranya 1 atm
14. Energi persatuan massa yang diserap atau dilepaskan ketika suatu bahan berubah dari wujud cair ke uap atau sebaliknya disebut…a. kalor jenis b. kalor lebur c. kalor uap d. kalor laten
15. Banyaknya kalor yang dilepas sama dengan banyaknya kalor yang diterima. Pernyataan tersebut dinamakan…a. Asas Mayer b. Asas Black c. Asas Joule d. Asas Doppler
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Sebanyak 9600 J energi diperlukan untuk memanaskan 2 Kg batang logam sehingga suhunya naik 16 oC. Berapa kalor jenis logam tersebut?_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Sejumlah zat dilebur dengan memeberikan kalor kepadanya . Lengkapilah tabel berikut ini dengan mengisi kolom yang kosong.
Zat
Kalor yang diberikan
Massa yang melebur
Kalor lebur (J/Kg)
Es
330.000 J
1 Kg
…..
Raksa
2.400 J
2 Kg
…..
Emas
31.500 J
…..
63.000
Seng
…..
10 Kg
100.000
Aluminium
…..
500 g
400.000
Tembaga
800 KJ
…..
200.000
3. Sebutkan perbedaan antara menguap dan mendidih! ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Untuk volume yang sama, manakah yang lebih cepat mendidih: air biasa atau air yang dibubuhi sedikit garam? Mengapa? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. 0,2 Kg air kopi panas (cair = 4200 J/Kg oC) pada suhu 90 oC dituangkan ke dalam sebuah gelas kaca (ckaca = 700 J/Kg oC) yang massanya 0,3 Kg dan suhunya 20 oC. Anggap pertukaran kalor hanya terjadi antara air kopi dan gelas, berapakah suhu akhir kopi? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________






















PERPINDAHAN KALOR

STANDAR KOMPETENSI
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR
12.5 Mendeskripsikan berbagai cara perpindahan kalor

INDIKATOR :
1. Menyelidiki perpindahan kalor secara konduksi (untuk zat padat), konveksi (untuk zat cair dan gas), dan radiasi

PERCOBAAN: Perpindahan Kalor secara konduksi

Alat dan Bahan:
-sebatang logam (sendok makan, garpu, paku)
-pembakar spiritus atau lilin
Langkah Percobaan:
1. Panaskan sepotong logam dengan membakar salah satu ujungnya.
2. Setelah beberapa saat sentuhlah ujung yang satu lagi, apa yang kamu rasakan?
3. Apa perpindahan kalor disertai dengan perpindahan zat?
4. Disebut apa perpindahan kalor tersebut?
Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

PERCOBAAN : Perpindahan Kalor secara konveksi

Alat dan Bahan:
-gelas kimia dan air -kotak
-pembakar spiritus -pewarna
-cerobong kaca 2 buah -lilin
-kaki tiga -kertas
-kasa asbes -serbuk gergaji



Langkah Percobaan:
A. Konveksi pada zat air
1. Isi gelas kimia dengan air dan letakkan di atas kaki tiga.
2. Masukkan sebutir zat pewarna dengan pinset ke dalam tengah-tengah gelas.
3. Nyalakan api kecil dan panaskan gelas berisi air di bawah zat pewarna diletakkan.
4. Apa yang terjadi pada zat pewarna?
5. Bagaimana pergerakan air dengan pewarna?
6. Mengapa pergerakan itu dapat terjadi?
7. Disebut apa perpindahan kalor secara demikian?

B. Konveksi pada gas
1. Susunlah alat seperti pada gambar di samping!
2. Nyalakan lilin dan letakkan di bawah salahsatu cerobong kaca
3. Bakar kertas hingga berasap dan letakkan di atas lubang yang lain.
4. Apa yang terjadi?
5. Bagaimana arah aliran asap?
6. Mengapa aliran itu dapat terjadi?
7. Disebut apakah perpindahan kalor secara demikian?
Kesimpulan
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DISKUSI: Perpindahan kalor secara radiasi
1. Apakah yang kamu rasakan jika berjemur di bawah terik matahari?
2. Kamu tahu bahwa antar matahari dan bumi ada ruang yang tidak ada udaranya atau ruang hampa, apa kesimpulanmu?
3. Apa yang kamu rasakan bila kamu berada disekitar api unggun? Mengapa demikian?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
2. Mengidentifikasi zat yang termasuk konduktor dan isolator kalor

PERCOBAAN: Konduktor dan Isolator

Alat dan Bahan:
-batang besi, tembaga, aluminium, kayu
-lilin atau mentega
-lampu spiritus atau alat pemanas
-kaki tiga

Langkah percobaan
1. Letakkan lampu spiritus di bawah kaki tiga
2. Letakkan lilin atau mentega pada salah satu ujung masing-masing batang
3. Letakkan masing-masing batang di atas kaki tiga
4. Nyalakan lampu spiritus

Hasil Pengamatan
Pada batang manakah yang melelehkan lilin atau mentega terlebih dahulu? Mengapa demikian? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Dari masing-masing batang tersebut, manakah yang paling baik menghantarkan panas? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kesimpulan
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
3. Mengaplikasikan konsep perpindahan kalor untuk menyelesaikan masalah fisika sehari-hari, misalnya pada termos dan setrika

TUGAS: Buatlah sebuah laporan mengenai
1. Cara kerja termos
2. Cara kerja setrika listrik
UJI KOMPETENSI : PERPINDAHAN KALOR

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
1. Perpindahan kalor dimana zat-zat yang menghantarkan kalor tidak ikut berpindah disebut…a. konduksi b. konveksi c. radiasi d. aliran
2. Kalor yang dipindahkan secara konduksi hanya terjadi pada…a. zat cair b. zat padat c. zat cair dan padat d. gas,zat cair dan padat
3. Pada saat menyetrika pakaian terjadi perpindahan kalor secara…a. radiasi b. konveksi c. konduksi d. aliran
4. Perambatan kalor secara konveksi di dalam zat cair dilakukan oleh molekul-molekul zat cair karena adanya…a. perbedaan suhu zat cair c. perbedaan massa jenis zat cairb. perbeaan massa zat cair d. perbedaan kepadatan zat cair
5. Sebuah termos vakum mampu menjaga minuman dingin selama beberapa jam sebab…a. termos menahan dingin ke luar c. termos menyerap dingin dari udarab. termos menahan kalor ke dalam d. termos memberikan kalor ke udara
6. Pernyataan-pernyataan di bawah ini benar, kecuali…a. aliran udara pada cerobong asap merupakan perpindahan kalor secara konveksib. perpindahan kalor pada ujung sebatang besi yang dipanasi secara radiasic. perpindahan air yang dipanasi dalam cerek secara konveksid. perpindahan kalor pada ujung batang tembaga yang dipanasi secara konduksi
7. Angin darat dan angin laut timbul akibat…a. Massa tanah lenih besar daripada massa lautb. Massa jenis tanah lebih besar daripada massa jenis air lautc. Kalor jenis tanah lebih kecil daripada kalor jenis air lautd. tanah lebih tinggi daripada laut
8. Perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut…a. konduksi b. konveksi c. kontraksi d. radiasi
9. Contoh perpindahan kalor secara radiasi adalah…a. terjadinya angin darat dan angin laut c. memasak air sampai mendidihb. cahaya matahari sampai ke bumi d. pemanasan ujung batang logam
10. Pakaian warna hitam apabila dijemur lebih cepat kering daripada pakaian putih sebab…a. warna hitam sangat baik menyerap kalor radiasib. warna benda tidak dipengaruhi besar kalor radiasic. warna putih sangat baik menyerap kalor radisid. warna putih tidak menyerap kalor radiasi
11. Berikut ini termasuk bahan-bahan yang bersifat isolator, yaitu…a. kaca, ebonite, plastik, dan air c. kaca, kertas, air, dan raksab. kaca, plastik, air dan batang arang d. kaca, raksa, udara, dan kertas
12. Ketika berada di dekat api unggun, wajah dan tangan terasa panas daripada anggota badan yang tertutup pakaian. Hal ini membuktikan bahwa sinar panas api unggun berpindah secara…a. konduksi b. konveksi c. radiasi d. aliran
13. Bagian alas setrika terbuat dari bahan…a. penghambat kalor b. penyerap kalor c. pemancar kalor d. penghantar kalor
14. Perpindahan kalor terjadi dari benda yang…a. suhunya lebih rendah c. massanya lebih besarb. suhunya lebih tinggi d. kalornya lebih banyak
15. Dinding termos memiliki ruang hampa untuk…a. mengurangi perpindahan kalor secara radiasib. mengurangi perpindahan kalor secara konduksic. menghindari dinding kaca pecahd. mengurangi berat kaca






B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Apa yang dimaksud perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Sebutkan peralatan rumah tangga yang berhubungan dengan peristiwa perpindahan kalor! ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Sebutkan bahan-bahan yang bersifat konduktor dan isolator terhadap kalor (masing-masing 5 macam)! ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Jelaskan peristiwa terjadinya angin darat dan angin laut! ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Apa kegunaan termoskup? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________































GETARAN DAN GELOMBANG

STANDAR KOMPETENSI
13. Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

INDIKATOR :
1. Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari

TUGAS :
Berikan beberapa contoh peristiwa getaran yang terjadi dalam kehidupanmu sehari-hari.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
2. Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran

PERCOBAAN: Mengukur periode dan frekuensi sebuah benda yang diayun

Alat dan Bahan:
-Bandul
-Statif
-Benang
-Stop watch

Langkah Percobaan:
1. Ikatlah bandul pada statif sehingga menggantung pada statif.
2. Tariklah bandul ke samping untuk memeberikan simpangan pada bandul, lalu lepaskan. Bersamaan dengan melepaskan bandul hidupkan stop watch.
3. Catatlah waktu yang diperlukan pada saat bandul bergerak bolak-balik sebanyak 2, 4, 6, dan 8 getaran.
4. Masukkan dalam tabel pengamatan dan hitunglah periodenya.

Tabel Pengamatan
Jumlah Getaran
Waktu Getaran (s)
Periode Getaran = waktu getaran / jumlah getaran
2


4


6


8



5. Dengan menggunakan stop watch, hitung banyaknya getaran yang terjadi dalam 1 sekon (frekuensi)! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6. Adakah hubungan antara periode (T) dan frekuensi (f)? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7. Tulis hubungan antara periode (T) dan frekuensi (f )! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

8. Disebut apa jarak maksimum dari titik seimbang? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9. Apakah periode dan frekuensi tergantung pada simpang getar? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Kesimpulan
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________

INDIKATOR:
3. Menyelidiki karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal

PERCOBAAN: Gelombang longitudinal

Alat dan Bahan:
-Slinki

Langkah Percobaan:
1. Letakkan slinki di atas lantai sepanjang 3 m.
2. Pegang kedua ujungnya (2 orang).
3. Gerakkan salah satu ujung pegas maju mundur secara periodik!

Permasalahan:
1. Bagaimana gerak slinki dari ujung satu ke ujung yang lain? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Disebut apa gelombang yang terjadi? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Sebutkan yang dimaksud satu gelombang pada percobaan di atas! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Kesimpulan
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________

PERCOBAAN: Gelombang transversal pada tali

Alat dan Bahan:
-Tali 5 meter

Langkah Percobaan:
1. Ikatlah ujung tali pada sebuah tiang, ujung yang lain dipegang dengan tangan.
2. Getarkan ujung yang kamu pegang beberapa saat secara terus-menerus ke atas dan ke bawah sehingga kelihatan bentuk gelombang. Amati gerakan tali tersebut.
3. Gambarkan kedudukan titik-titik pada tali.

Permasalahan:
1. Menurut pendapatmu apa sebenarnya yang dari ujung kamu pegang ke ujung tali yang diikat tadi? __________________________________________________________________________
2. Bagaimana terjadinya gelombang? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Bagaimana arah gerakan tali tersebut? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Jenis Gelombang apa yang dibentuk oleh tali? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Gambarkan bentuk gelombangnya!






Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
4. Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang

TUGAS:
Tuliskan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi, dan panjang gelombang.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
INDIKATOR:
5. Mengkaitkan konsep gelombang dengan kehidupan sehari-hari

TUGAS:
Gunakan berbagai sumber, seperti Koran, majalah, buku-buku acuan di perpustakaan, CD atau internet, untuk menemukan beberapa contoh pemanfaatan gelombang dalam kehidupan sehari-hari. ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

UJI KOMPETENSI : GETARAN DAN GELOMBANG
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
1. Gerakan bolak-balik suatu benda secara teratur melewati titik seimbang disebut…a. amplitudo b. periode c. getaran d. frekuensi
2. Waktu yang diperlukan oleh sebuah benda untuk melakukan 1 getaran disebut…a. frekuensi b. periode c. simpang getar d. amplitudo
3. Banyak getaran dalam satu detik disebut…a. frekuensi b. periode c. getaran d. amplitudo
4. Periode getaran 1/5 detik, frekuensinya adalah…a. 0,2 hertz b. 0,5 hertz c. 2 hertz d. 5 hertz
5. Waktu yang diperlukan untuk melakukan 150 getaran adalah 3 menit. Periode getarannya adalah…a. 1,2 sekon b. 2 sekon c. 12 sekon d. 20 sekon
6. Perhatikan gambar di samping!Yang dimaksud dengan satu getaran penuh adalah gerakan dari…a. A-B-Cb. A-B-C-A-Cc. B-A-C-A-Bd. C-A-B-A-B
7. Sebuah benda memiliki frekuensi getar 10 Hz. Dalam waktu20 sekon banyaknya getaran yang dilakukan benda adalah…a. 2 getaran c. 100 getaranb. 10 getaran d. 200 getaran
8. Perhatikan pernyataan berikut!1) Gelombang air adalah gelombang transversal.2) Gelombang transversal merambat tegak lurus dengan arah getarannya.3) Gelombang elektromagnetik merambat memerlukan medium.Pernyataan di atas yang benar adalah…a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) c. 2) dan 3) d. 1), 2), dan 3)
9. Dari satu tempat ke tempat lainnya gelombang memindahkan…a. massa b. amplitudo c. energi d. panjang gelombang
10. Gambar di samping menunjukkanbentuk gelombang yang dihasilkanoleh suatu sumber getaran. Panjanggelombangnya adalah…a. 3,0 cm c. 1,5 cmb. 2,0 cm d. 1,0 cm
11. Suatu gelombang panjangnya 0,75m,dan cepat rambatnya 150 m/s. Berapa frekuensinya?a. 20 Hz b. 50 Hz c. 200 Hz d. 225 Hz
12. Jika frekuensi suatu getaran 440 Hz dan panjang gelombangnya 75 cm, kecepatan gelombangnya adalah…a. 330 m/s b. 365 m/s c. 515 m/s d. 586 m/s
13. Suatu sumber getar memancarkan gelombang dengan cepat rambat 340 m/s. Jika frekuensi gelombang tersebut 85 Hz, maka panjang gelombangnya adalah…a. ¼ meter b. 4 meter c. 255 meter d. 425 meter
14. Gelombang cahaya berdasarkan cara rambatnya termasuk gelombang…a. elektromagnetik b. longitudinal c. mekanik d. transversal
15. Jika rambatan gelombang mengenai dinding penghalang, maka gelombang tersebut…a. dibelokkan b. diteruskan c. dipantulkan d. menembus dinding

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Jelaskan pengertian periode, frekuensi, dan amplitudo getaran! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Waktu yang diperlukan untuk melakukan ¼ getaran adalah 0,15 sekon. Tentukan periode dan frekuensi getaran! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3. Jarak antara dua puncak gelombang yang berdekatan dari gelombang permukaan air 60 cm. Waktu turun naiknya puncak gelombang 0,3 sekon. Tentukan periode, panjang gelombang, dan cepat rambat gelombang! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Suatu gelombang bunyi panjangnya 0,2 m. Bila cepat rambat bunyi 340 m/s. Berapakah frekuensinya? __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Gambarlah yang dimaksud satu gelombang pada:
a. gelombang transversal






b. gelombang longitudinal






BUNYI

STANDAR KOMPETENSI
13. Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR
13.2 Menerapkan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR :
1. Membedakan infrasonik, ultrasonik, dan audiosonik

DISKUSIKAN:
1. Jelaskan pengertian infrasonik, ultrasonik, dan audiosonik.
2. Berikan contoh hewan yang bisa mendengarkan bunyi infrasonik dan ultrasonik.
3. Berikan contoh kegunaan ultrasonik.
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
2. Memaparkan karakteristik gelombang bunyi

DISKUSIKAN:
1. Apa yang menyebabkan timbulnya bunyi?
2. Termasuk jenis gelombang apakah bunyi itu?
3. Apakah bunyi merambat memerlukan medium?
4. Apakah syarat terjadi dan terdengarnya bunyi?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
3. Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari

PERCOBAAN: Menyelidiki terjadinya resonansi

Alat dan Bahan:
-statif 2 buah
-beban gantung/ bandul 4 buah
-kawat tebal
-benang yang kuat
-mistar

Langkah Percobaan:
1. Susunlah alat seperti pada gambar!
2. Ukurlah panjang benang A = 25 cm, benangB = 15 cm, benang C = 25 cm, dan benang D = 40 cm.
3. Ayunlah beban A, amati apa yang terjadi pada beban B, C, dan D! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Ayunlah beban B, amati apa yang terjadi pada beban A, C, dan D! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Ayunlah beban C, amati apa yang terjadi pada beban A, B, dan D! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6. Ayunlah beban D, amati apa yang terjadi pada beban A, B, dan C! ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7. Ditinjau dari panjang talinya, beban-beban yang mana yang turut berayun (beresonansi)? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8. Disebut apa peristiwa turut berayunnya suatu benda karena mempunyai panjang tali yang sama? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Kesimpulan
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
4. Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi

PERCOBAAN: Mengukur cepat rambat bunyi

Alat dan Bahan:
-pengukur waktu (stop watch, jam tangan)

Langkah Percobaan:
1. Berdirilah di depan dinding besar sejauh 50 meter (lebih baik dilakukan pada malam hari). Mintalah temanmu untuk membantumengukur waktu.
2. Mulailah kegiatan dengan menepuk tangan dan dengarkan bunyi pantulnya. Ukur waktu dari mulai bertepuk tangan sampai terdengar bunyi pantulnya. (tepukan pantulan)
3. Coba lagi bertepuk tangan berulang-ulang dengan irama yang sama. Sehingga terbentuk seperti berikut: tepukan--pantulan—tepukan… sebanyak 100 kali dan ukur waktunya.
4. Untuk menentukan cepat rambat bunyi dapat ditentukan dengan rumus berikut:cepat rambat bunyi = jarak tempuh total / waktu yang dibutuhkan = 20.000 m / waktu dalam sekon

Kesimpulan
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

INDIKATOR:
5. Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari

TUGAS PROYEK:
Buatlah tulisan tentang pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari, kemudian presentasikan tulisanmu di depan kelas.





UJI KOMPETENSI : BUNYI

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
1. Gelombang bunyi merambat paling cepat pada…a. zat padat b. hampa udara c. zat cair d. gas
2. Perhatikan data berikut!1) ada pendengar 2) ada medium 3) tanpa medium 4) ada sumber bunyiDari data di atas yang merupakan syarat terjadi dan terdengarnya bunyi adalah…a. 1), 2), dan 3) b. 2), 3), dan 4) c. 1), 3), dan 4) d. 1), 2), dan 4)
3. Bila cepat rambat bunyi (v), jarak yang ditempuh (s), dan selang waktu (t), maka rumus yang benar adalah…a. v = s x t b. s = v x t c. t = s x v d. t = v/s
4. Tinggi dan rendahnya nada tergantung pada…a. frekuensi b. cepat rambat c. amplitudo d. panjang gelombang
5. Bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz disebut bunyi…a. supersonik b. audiosonik c. infrasonik d. ultrasonik
6. Kuat lemahnya bunyi bergantung pada…a. cepat rambat b. simpang getar c. frekuensi d. panjang gelombang
7. Periode suatu bunyi 0,025 sekon, frekuensi bunyi tersebut termasuk…a. audiosonik b. ultrasonik c. infrasonik d. supersonik
8. Sebuah nada berfrekuensi 264 Hz, maka frekuensi nada yang sama 2 oktaf lebih tinggi adalah…a. 66 Hz b. 132 Hz c. 528 Hz d. 1.056 Hz
9. Kita mendengar bunyi petir setelah sesaat kita melihat cahaya petir karena…a. cahaya dan bunyi petir tidak bersamaan terjadinya b. bunyi merambat mengikuti aliran udarac. cahaya merambat jauh lebih cepat daripada bunyid. bunyi merupakan gelombang longitudinal sedangkan cahaya gelombang transversal
10. Petasan terdengar setelah 0,3 detik oleh pendengar. Jika jarak petasan dengan pendengar 102 m, maka cepat rambat bunyi petasan adalah…a. 340 m/s b. 306 m/s c. 153 m/s d. 102 m/s
11. Syarat terjadinya resonansi adalah…a. dua benda memiliki frekuensi yang berbeda b. dua benda memiliki panjang gelombang yang berbeda c. dua benda memiliki panjang gelombang yang samad. dua benda memiliki frekuensi yang sama
12. Faktor yang tidak mempengaruhi tinggi nada suatu senar adalah…a. kualitas senar b. bahan senar c. tegangan senar d. massa jenis senar
13. Sumber bunyi beresonansi pertama saat tinggi kolom udara 20 cm. Panjang gelombang sumber bunyi tersebut adalah…a. 0,6 m b. 0,8 m c. 6 m d. 8 m
14. Bila cepat rambat bunyi di air 1.400 m/s, bunyi pantul dapat ditangkap kembali setelah 2 sekon, maka kedalamannya adalah…a. 350 m b. 700 m c. 1.400 m d. 2.800 m
15. Bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli disebut…a. gaung b. kerdam c. gema d. audiosonik













B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Sebutkan sifat-sifat bunyi! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Sebutkan dua hal penting dari hukum pemantulan bunyi! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Pemancar radio mempunyai frekuensi 10 MHz. Bila cepat rambatnya 3 x 108 m/s, hitung panjang gelombangnya! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Apa yang dimaksud dengan timbre dan resonansi? __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Sebutkan lima alat musik yang bekerja berdasarkan sesonansi! __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Label:

3 Komentar:

Pada 19 Januari 2010 pukul 23.10 , Anonymous uphy mengatakan...

makasih, artikelnya sangat membantu.....

 
Pada 14 Februari 2010 pukul 01.22 , Anonymous uphy mengatakan...

wah, mantep deh artikelnya... cukup membantu

 
Pada 17 Mei 2015 pukul 13.51 , Blogger Unknown mengatakan...

tolong diberi tahu kesimpulannya dari percobaan mengenai suhu.
terimakasih.

 

Posting Komentar

yang mau kasih komentar, silahkan yach...

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda